palmanova

Baru aja aku buka-buka album foto dan menemukan album foto Palmanova. Akhirnya pengen nulis dikit tentang kota ini, sejauh yang aku tahu aja...hehehe. Apa sih Palmanova itu? Palmanova adalah sebuahggz kota di Italia timur laut, dekat perbatasan dengan Slovenia. Kota ini terletak 20 km dari Udine, 28 km dari Gorizia dan 55 km dari Trieste dekat persimpangan Autostrada Alpe-Adria dan Autostrada Venezia-Trieste. Kalo dari Klagenfurt, Austria kita cuma butuh waktu sekitar 1,5 jam - 2 jam dengan menggunakan mobil dan kita sudah sampai di kota ini.


Kota ini kalo dilihat dari atas ternyata bagus, karena kota ini berbentuk bintang dengan 9 ujung. Kota ini dulunya adalah sebuah benteng yang dirancang oleh Vincenzo Scamozzi. Di antara titik-titik bintang, ada benteng yang menonjol, sehingga setiap titik
bisa saling menjaga satu sama lain. Sebuah parit mengelilingi kota, Marcantonio Martinego bertanggung jawab atas konstruksi, dan Giulio Savorgnan bertindak sebagai penasihat. Palmanova terkenal untuk rencana benteng dan struktur, yang disebut benteng bintang, dan banyak ditiru di era modern oleh arsitek militer.



Aku berkesempatan mengunjungi kota ini beberapa kali, tapi sayangnya aku ga jalan-jalan ke tempat-tempat bersejarah kota ini...hehehe. Aku mengunjungi kota ini dalam rangka SHOPPING. Aku mengunjungi Palmanova Outlet Village, yaitu sebuah Outlet Village yang buka selama 7 hari dalam seminggu dari pukul 10 pagi sampai pukul 8 malam. Tempat ini jadi sasaran pengunjung dari Slovenia, Austria maupun Italia sendiri karena kota ini selalu buka setiap hari. Di Austria dan Italia, toko-toko maupun supermarket hanya buka sampai hari Sabtu, pada hari Minggu tidak ada satu pun toko yang buka. Hanya ada restoran dan cafe yang tetap buka di hari Minggu. Nah jika kita hanya memiliki libur pada hari Sabtu dan Minggu, maka Palmanova Outlet Village adalah tempat yang tepat jika kita ingin berbelanja baju,sepatu, tas dan barang-barang lainnya. Ada sekitar 90 merk-merk terkenal yang ada di tempat perbelanjaan ini. Salah satu merk yang juga ada di Palmanova Outlet Village adalah Bata.


Dulu aku pikir sepatu merk Bata tuh punya Indonesia, eh ternyata aku salah..haha. Bata adalah sebuah merk sepatu yang diambil dari nama pendirinya yaitu Thomas Bata. Perusahaan pusat Bata terletak di Toronto, Kanada dan sudah memiliki cabang di 100 negara dan memiliki 60 pabrik. Makanya gak heran kalo di Italia dan Indonesia pun ada toko sepatu Bata. Selain Bata ada juga 89 merk lain yang ada di Outlet ini, seperti Adidas, Calzedonia, Baldinini, Puma, Nike, Motivi, Don Gil dan masih banyak lagi.

Kalo kalian udah puas banget berbelanja, kalian bisa melepas lelah di cafe-cafe yang disediakan. Kalian bisa mencicipi beberapa makanan Italia yang ada di cafe-cafe dan tempat makan yang ada di Outlet ini.

Jika kalian berkesempatan untuk pergi ke Italia dan sekedar ingin berbelanja, ga ada salahnya kalo kalian mencoba untuk mengunjungi Palmanova Outlet Village.







Klagenfurt, 23 Oktober 2011, 10.15 pm

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Ga Koment Ga Dapet Jatah

Share

Widgets

Widgets