Last Trip : Venezia - Part 1

Hola hola halo…hahaha. Aku lagi ada di kereta neh, aku udah ga di kereta lagi tapi udah di rumah soalnya ini baru diterbitin beberapa hari setelahnya, daripada bengong mending  aku ngisi blog aja…haha. Pada penasaran ga sih aku tuh lagi di kereta terus mau kemana?

“Enggak….!!!”

Idih pada gitu deh…suka malu-malu kucing buat penasaran tentang aku…hahaha. Aku sekarang lagi ada di kereta dari Venezia Santa Lucia menuju ke Innsbruck, Austria. Perjalanan dari Venezia ke Innsbruck tuh sekitar 5 jam, jadi kayaknya cukup deh buat koar-koar ngetik selama 5 jam hehe. Ini adalah kisah perjalanan seorang anak terlantar di negeri antah berantah haha. Sebelum pulang ke Indo, aku pengin banget melakukan perjalanan terakhirku. Begini kisahnya:

Hari Sabtu kemarin tanggal 3 Desember 2011, aku berangkat dari stasiun bus Klagenfurt, Austria menuju ke stasiun bus Venezia Santa Lucia, Italia. Aku berangkat dari Klagenfurt jam 10:10 dan tiba di Venezia pukul 14.24, gak lama juga sih. Tiketnya tuh 20 euro. Bus yang aku tumpangi tuh berjalan di pinggir-pinggir lereng gunung, sering banget keluar masuk terowongan dan terlihat gunung-gunung dan rumah-rumah yang tertutup kabut. Aku suka banget ma kabut, jadi aku jejingkrakan ambil kamera and pengen banget foto pemandangannya. Tapi sayang banget deh hasilnya ga begitu bagus soalnya aku di dalam bis yang lagi jalan, plus kehalang kaca, plus kacanya ada air hujannya soalnya lagi hujan. Aku sempet putus asa deh, akhirnya aku bikin video aja.

Sekitar pukul 14.24 aku tiba di Venezia Santa Lucia dan itu terakhir kali aku mendengar bahasa Jerman (bahasa yang aku mengerti). Sempet bingung pas nyampe, terus aku tengok kanan dan kiri ya udahlah ikuti aja orang-orang pada kemana. Aku mengantri di loket buat beli tiket naik waterbus dan membeli tiket yang berlaku selama 24 jam dengan harga 18 euro. Sempet tanya juga kalo mau ke hotel Alla Salute tuh gimana dan petugasnya dengan baik menjelaskan pake bahasa Inggris. Pertama, aku naik waterbus no 2 dan turun di Piazzale Roma, terus ganti waterbus no 1 dan ntar turun di Salute.
Stasiun Venezia Santa Lucia
Pemandangan pertama saat aku sampe

Waterbus (Vaporetti)
Waktu aku turun di Piazzale Roma, mataku jelalatan ga karuan, gila banget kota ini dimana-mana ada air dan kapal. Bangunan-bangunannya tuh ga mulus, banyak banget yang jelek tapi menurutku jadi kayak berseni sih, bukan kumuh (sok berjiwa seni).

Pas aku jalan mau menuju ke terminal air buat cari waterbus no 1, aku liat para muda mudi lagi nulis di kartu pos and mau ngirim kartu pos. Wew aku langsung memiliki ide menjiplak kegiatan mereka, aku liat ada sebuah kios koran gitu dan jual kartu pos dan macem-macem barang lainnya. Aku beli 4 buah kartu pos yang masing-masing harganya 50 cent, sempet mau beli perangko juga tapi mas nya ga jual perangko. Setelah nulis kartu pos buat keluargaku di Indo, aku menuju ke kantor pos yang hanya berjarak beberapa meter dari kios itu tapi udah tutup. Aku masih aja ngotot di depan kantor pos, berharap kantor pos buka lagi. (maksa?!) Terus ada cowok yang lagi bawa minuman deketin aku dan berusaha ngajak ngomong aku pake bahasa Itali campur bahasa Inggris yang blekutuk blekutuk ga jelas. Dia mau jelasin ke aku kalo kantor pos tutup and nyuruh aku buat beli perangko di kios Koran. Aku udah jelasin kalo tukang Koran ga punya perangko tapi dia masih ngotot dan bawa aku ke kios itu lagi terus dia deh yang nanya ke tukang korannya sendiri. Emang ga ada. Dia terus bilang kalo aku disuruh nyari ke kios Koran lain di balik jalan itu. (baik yee orangnya). Aku sempet cari juga kios lain tapi ga ketemu, ya udah lah ya…naik waterbus no 1 aja dulu terus ke hotel naruh barang-barang.
jembatan menuju terminal air

terminal air
Selama perjalanan tuh aku jepret sana jepret sini…bener-bener indah Venesia. Saat aku turun di Salute, aku udah disuguhi dengan keindahan gereja S. Maria della Salute. Gereja warna putih, gede dan salah satu gereja yang wajib dikunjungi kalo kita ke Venezia. Hotelku ga jauh dari gereja itu, Cuma sekitar 3 menit jalan kaki. Nama hotelku Alla Salute. Waktu aku booking hotel ini, karena liat lokasi yang strategis dan juga harga lumayan untuk standar bed plus kamar mandi. Tapi waktu aku booking ternyata cuma ada double standar bed dan aku harus bayar 2x lipat per malam soalnya yang single bed ga ada. Ya udahlah tetep aku booking aja soalnya di foto keliatan bagus gitu ruangannya. Pas aku nyampe kamar, langsung kecewa deh. Kamarnya sempit banget dengan sebuah tempat tidur gede, kamar mandi kecil banget, plus meja kecil dan lemari. Ga terima deh aku harus bayar mahal and dapat kamar jauh dari lobi, kecil, sumpek, remang-remang pula plus ga dapet sinyal wifi dari hotel. Ya udahlah daripada makin sumpek, aku cepet-cepet keluar dari hotel dan memulai perjalananku.
bangunan2 tua

ga tw deh ini apa haha

pemandangan

Gereja S. Maria della Salute
bangunan di samping gereja S. Maria della Salute

Saat itu sekitar pukul 4 sore, langit udah mulai gelap karena lagi musim gugur dan matahari  cepet banget terbenam. Kamera digitalku udah hampir ga bisa menangkap gambar dengan baik. Aku ganti settingannya tetep aja ga ada yang bagus hasilnya. Perasaan senengku yang pas pertama kali dateng ke Venezia langsung ilang deh. Udah dapet hotel jelek n mahal, camdig ga bisa jepret bagus pas malem, udah gitu hujan lagi…huuffftttt. Sempet emosi tapi emosi sendirian soalnya ga ada temennya. Ini emang perjalanan pertamaku tanpa temen, jadi ya semua dilakuin sendiri. Aku jalan aja tanpa liat peta….keluar masuk gang, nyebrang jembatan-jembatan kecil dan sempet nyebrang jembatan gede dan aku tahu kalo aku ada di sisi sebelah satunya. Di jalan-jalan kecil itu banyak sekali toko-toko, dari toko dengan barang-barang bermerk sampe toko-toko souvenir. Hampir di semua jalan tuh toko semua, awalnya sih aku fokus buat jalan-jalan dan nikmatin tempat-tempat indah di Venezia tapi akhirnya aku nyerah setelah aku berkali-kali coba buat jepret-jepret tapi hasilnya kacau semua. Aku
mulai liat-liat barang-barang yang dijual dan beli beberapa souvenir.
salah satu jembatan kecil

salah satu gang kecil

canal kecil di antara bangunan

souvenir buatan tangan "murano glass"

Sampai akhirnya aku nyampe di San Marco. San Marco tuh gede banget dan ini juga tempat yang wajib kita kunjungi kalo kita ke Venesia. Di San Marco kita bisa liat Piazza San Marco, Museo Civico Corrér, Procuratie Nouve, Libreria Marciana, Basilica di S.Marco, Palazo Ducale dan Procuratie Vecchie. Pas malam tuh bagus banget karena dihiasi lampu-lampu tapi bentuk arsitektur bangunannya ga bisa keliatan jelas karena gelap. Aku sempet berusaha memotret tapi tetep ga bagus juga. Akhirnya aku putuskan buat liat-liat aja dan melanjutkan perjalananku ke Ponte di Rialto. Dari San Marco aku naik waterbus no 1 ke arah Piazzale Roma dan turun di terminal Rialto. Ponte di Rialto ini disebut jembatan cinta dan kayaknya sering jadi tempat syuting film deh (sok tau haha).
Basilica di San Marco

Jembatan ponte di rialto
pusat perbelanjaan di samping jembatan ponte di rialto
lupa ini apaan haha

daerah perbelanjaan

jembatan ponte di rialto
Di deket jembatan itu aku liat banyak banget kios-kios souvenir berjejer sampe ke bawah. Aku sempet beli kalung plus anting-anting yang terbuat dari Murano Glass dan ada tulisannya asli buatan Italia. Harganya 10 euro. Jadi nyesel banget pas beli kalung itu soalnya sebelumnya aku udah beli juga kalung plus liontin di San Marco dengan harga 7 euro tapi keliatan jelek banget deh dan menurutku itu palsu karena ga ada tulisannya buatan Italia. Beberapa toko tuh nulis kalo barang-barangnya tuh made in Italia asli dan bukan buatan China penipu..ckckck china china kenapa kamu suka memalsukan barang hmmmm bertobatlah...ckck hahaha. Dari situ aku belajar deh kalo pengen souvenir-souvenir asli Italia harus liat apa itu ada tulisannya made in Italia apa ga.
san marco
Aku jalan-jalan di sepanjang kios-kios itu sambil cari makan sampe muter-muter ga karuan. Rumah-rumah di Venezia tuh kayak di gang-gang kecil, jalan-jalan tikus dan dimana-mana ada kanal-kanal kecil makanya banyak banget jembatannya. Keluar masuk Cuma gang aja ma jembatan-jembatan kecil dan ga nongol-nongol di Canal Grande. Pas putus asa tuh aku liat tulisan-tulisan di tembok dan ternyata itu ada tulisan tempat dan arahnya (ya ampun). Aku ikuti yang ada tulisan “Vaporetti” itu sebutan buat waterbus nya dan akhirnya nyampe deh di terminal air. Oh iya, selain waterbus ada alat transportasi air yang terkenal banget di Venezia, yaitu Gondola. Kalo pada pengen nyobain naik gondola, harus siap bayar mahal soalnya ongkos naik gondola tuh sekitar 80-90 euro untuk 35 menit.

Sesampainya di hotel, aku langsung mandi dan tidur buat siap-siap melanjutkan petualangan esok hari. Cerita selanjutnya bisa dibaca disini.