Venezia

Venesia (bahasa Italia: Venezia, bahasa Inggris: Venice dan bahasa Jermannya: Venedig) adalah sebuah kota di Timur laut Italia yang terletak di tepi pantai Adriatic. Ini adalah ibukota wilayah Veneto dan provinsi Venezia yang dijuluki La Serenissima. Pada tanggal 31 Desember 2010, penduduknya mencapai 270.884. Pada sensus 2006, kota ini memiliki 270.884 penduduk yang 176.621 tinggal di daratan, 61.611 tinggal di pusat sejarah (centro storico) dan 30.702 penduduk tinggal di laguna atau dalam bahasa Inggris disebut lagoon. 


Pusat sejarah mencakup 100 pulau yang juga terletak di laguna yang terletak di mulut Po di sebelah selatan dan Piave di sebelah utara. Luas kota ini menurut data resmi adalah 414, 573211 km2 yang 257,7256 km2 adalah merupakan permukaan air.
Selama sekitar seribu tahun kota ini merupakan Republik Venezia yang adalah kekuatan politik dan ekonomi paling penting dan merupakan sebuah kota terbesar di Eropa yang berakhir pada kemerdekaan tanggal 1797. Kota ini menjadi perantara terbesar antara Eropa barat dan Mediterania. Kota ini menjadi pusat perdagangan barang-barang mewah, gandum, rempah-rempah, garam dan juga di saat yang sama, kota ini menjadi pusat keuangan terbesar. Pada tahun 1987, UNESCO menetapkan Venezia dan lagunanya sebagai warisan budaya dunia.

Kota ini terletak di zona beriklim sedang. Suhu tahunan rata-rata adalah 13,5 ° C. Bulan-bulan terpanas adalah Juli dan Agustus dengan rata-rata 23,1 atau 22,6 ° C, bulan terdingin adalah Januari dengan 3,0 ° C. Suhu maksimum rata-rata harian pada bulan Juli dan Agustus, 27 ° C.
Curah hujan tahunan rata-rata adalah 770 mm.Sebagian besar curah hujan jatuh pada bulan November dengan rata-rata 86, terendah pada bulan Januari dengan rata-rata 53 mm.

Kota tua Venezia adalah sebuah kota di dalam air yang terdiri dari sekitar 120 pulau yang dilewati sebuah kanal besar. Kota ini berbentuk S dan dibelah oleh sebuah sungai besar yaitu Grand Canal. Selain itu ada sekitar 150 sungai kecil di Venesia, oleh karena itu kota ini disebut kota sejuta kanal. Dominasi lalu lintas air di Grand Canal sangat jelas karena hanya sedikit tempat-tempat yang bisa diakses dengan berjalan kaki, terutama di sekitar jembatan Rialto yang menjadi pusat komersial kota. Jika di Negara-negara lain menggunakan transportasi darat seperti bus, mobil, taxi, kereta api dan lain-lain, kota ini menggunakan transportasi air seperti kapal bot, gondola, taksi air dan juga waterbus untuk akses keliling kota. 

Kota yang berdiri di atas sekitar 120 pulau ini dibangun menggunakan jutaan kayu ek, alder kutub dan pinus. Struktur tanah di kota ini sangat lembek karena itu orang-orang menancapkan kayu-kayu ini sebelum mendirikan bangunan di atasnya untuk memperkuat tanah. Setelah rumah dan bangunan berdiri, orang-orang membangun jembatan-jembatan kecil untuk menghubungkan antar pulau dan membangun jembatan besar yang bisa dilewati kapal di bawahnya. Total ada sekitar 400 jembatan di Vezesia. Pulau-pulau kecil di Venesia seluruhnya sudah tertutup bangunan, oleh karena itu kota ini seperti dibangun di atas air dan mengapung. Bangunan-bangunan di Venezia sudah berumur ratusan tahun dan masih dijaga keunikannya sampai sekarang yang menjadi daya tarik khas kota ini.

Cerita tentang perjalananku di Venezia, bisa di klik disini dan disini.


Klagenfurt, 10 Desember 2011, 09:21 am

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Ga Koment Ga Dapet Jatah

Share

Widgets

Widgets