Gondola (perahu khas Venezia)

Gondel (bahasa Italia: Gondola) adalah sebuah perahu khas Venezia yang pertama kali muncul pada abad ke 11. Ini adalah sebuah perahu sempit yang panjangnya bisa mencapai 11 meter dan lebarnya sampai 1,5 meter dengan ujung terbalik. Kata Gondola sudah disebut ratusan tahun dan gondola dibuat oleh orang Roma untuk mengarungi sungai-sungai dangkal. Informasi tertua mengenai Gondola diduga terekam dalam sejarah Giovani Diacono, yang hidup pada tahun 1000 yang menyebutkan bahwa Doge Pietro Orseolo II (991-1009) menggunakan gondola menuju ke istana setelah pemilihannya. 



Desain perahu ini sudah berubah selama berabad-abad. Pada awalnya Gondola ada dalam berbagai warna, kaum bangsawan dan orang-orang ningrat mencari berbagai macam cara untuk memperindah gondola mereka dengan peralatan-peralatan perahu untuk saling mengalahkan satu sama lain, ya saling pamer gitu lah. Dalam rangka menghentikan kesombongan mereka yang tidak terkendali, selama pemerintahan Greolamo Priulis, senat Venezia tahun 1562 menetapkan peraturan yang didukung juga oleh hukum gereja bahwa semua gondola harus berwarna hitam, kecuali untuk utusan-utusan asing dan pesta-pesta. 

Sekitar abad ke 16, ada sekitar 10.000 gondola di kota. Gondola modern yang sampai sekarang masih dipergunakan, ada sejak akhir abad 19: sebuah perahu sempit dengan panjang 10,83 meter sampai 11,10 meter dengan lebar 1, 38 sampai 1,42 meter dengan ujung lebar terbalik sekitar 50-55 cm. Konstruksi ini dikembangkan oleh pembuat perahu Domenico Tramontin pada tahun 1882-1884. Dia memendekkan perahu di sisi kanan sekitar 24 cm, membuat sebuah lengkungan sehingga lebih mudah berdiri di sisi kiri di bagian belakang, orang dapat mudah mendayung di sebelah kanan. Sebelumnya, gondola harus didayung oleh dua orang Gondolieri (sebutan untuk pendayung gondola).

Sebuah gondola memiliki 9 buah kayu yang berbeda, yang dilihat dari berat, umur, kekeringannya dan memiliki fungsi-fungsi tertentu. Kayu ek digunakan untuk dua papan atas dantulang rusuk pada tubuh gondola. Pinus untuk lantai dan geladak depan, larch untuk sisi dan dek belakang, walnut untuk kursi dan bangku depan, cherry untuk bangku belakang dan platform miring, Elm dan papan pinus digunakan untuk interior, Linde untuk ornamen busur, ramin digunakan untuk batang sabuk dan permukaan sabuk terbuat dari kayu beech. Tubuh gondola terdiri dari 280 bagian. Pembangunan gondola membutuhkan waktu sekitar 500 jam dan rata-rata harganya 25.000 euro.

Sekitar tahun 2005, kalo mau naik gondola sekitar 35 menit dan tanpa lagu, orang mesti merogoh kocek sekitar 80 euro, kalo diatas jam 19:00 harganya 100 euro. 

Klagenfurt, 11 Dezember 2011, 11.46 pm

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

3 komentar:

Hati Tambahan mengatakan...

huik.. mahal amat? 80 euro?
mending gue naek very haha XD

:j:

Alfiyan Personal Blog mengatakan...

Kunjungan nyasar nieh... Kunjungi juga ya blog ane dan jangan lupa follow + tinggalkan komentar !
Salam sukses blogger :D

Putriniken mengatakan...

hati tambahan: hahaha iya mahal,,,sayang bgt duitnya klo cm bwt naik gondola 35 menit hahaha,,,bwt naik pesawat ckup tuh PP jkt-sby haha

alfiyan: mksh kunjungannya,,,,iya ntr aq follow tp follow back ya :D

Posting Komentar

Ga Koment Ga Dapet Jatah

Share

Widgets

Widgets