Pasar Natal (Weichnachtsmarkt)

Hai hai…ga sadar ya sekarang udah bulan November, bulan depan udah Desember berarti udah hampir natal. Asyiiikkknyaaa….Nah karena udah deket Natal, kali ini aku pengen posting sesuatu yang berhubungan dengan Natal, yaitu Pasar Natal atau Christmas Markt yang dalam bahasa jerman nya disebut sebagai Weichnachtsmarkt dan di daerah Jerman Selatan dan Austria menyebutnya dengan Christkindlesmarkt,Christkindlemarkt, Christkindlmarkt, Adventmarkt atau Glühweinmarkt. 


Pasar natal adalah pasar malam yang diadakan untuk merayakan adven yaitu 4 minggu sebelum natal. Di Jerman dan Austria, adven umumnya dimulai dengan pembukaan pasar natal. Pasar Natal ini biasanya diadakan mulai tanggal 25 November dan sebagian besar pasar natal sudah ditutup 1 hari sebelum natal yaitu pada tanggal 24 Desember. Pada awalnya, pasar natal berfungsi untuk menyediakan kebutuhan-kebutuhan musim dingin untuk masyarakat. Seiring berjalannya waktu, pasar natal ini dijadikan sebuah tradisi sebelum Natal.
Pasar natal ini pada awalnya adalah sebuah tradisi yang diadakan di Jerman dan Austria, namun saat ini pasar natal sudah meluas di berbagai Negara-negara lain di Eropa dan Amerika. Menurut Wikipedia, diyakini pasar natal tertua yang diadakan di Jerman adalah pasar natal di Dresden yang sudah diadakan sejak tahun 1434. Pada tahun 1434, Dresden masih sebuah kota kecil akan tetapi sekarang pasar natal di Dresden sudah memiliki 60 stan dan dihadiri sekitar 1,5 juta sampai 2 juta pengunjung setiap tahunnya. Di Austria, pasar Natal tertua diadakan di Wina pada tahun 1294. Pasar Natal biasanya diadakan di alun-alun kota atau di kawasan pejalan kaki.
Jika kalian mengunjungi pasar natal, kalian akan melihat berbagai macam kios/stan yang terbuat dari kayu yang menyediakan berbagai makanan dan minuman. Selain itu stan-stan ini juga menjual hasil kerajinan tangan, mainan dan hiasan pohon natal. Makanan dan minuman yang ada di pasar natal ini antara lain gebrannte mandeln(kacang badam bersalut gula), kue-kue Natal seperti lebkuchen dan magenbrot (roti jahe),christstollen (stollen), dan bratwurst (roti sosis). Orang dewasa biasanya minum glühwein (anggur hangat, dengan atau tanpa brendi) atau eierpunsch (egg nog ala Jerman). Gue sempet nyobain sebuah minuman yang namanya Kinderpunsch, ini adalah minuman hangat untuk anak-anak akan tetapi bisa juga dinikmati oleh orang dewasa karena non alcohol. Di pasar natal ini kalian juga akan melihat panggung pertunjukan, yang pada jam-jam tertentu akan menampilkan paduan suara dan dansa. Permainan anak-anak pun juga ada di pasar natal, permainan yang paling digemari anak-anak adalah korsel dan kincir ria.




Tahun lalu aku berkesempatan mengunjungi pasar natal di München (Munich) dan pasar natal di Bad Tölz. Tapi saat ini aku mau bahas pasar natal yang ada di München, Jerman. Sebenarnya ada beberapa kesimpangsiuran mengenai dimana dan kapan pertama kali adanya pasar natal di Jerman. Wikipedia menyebutkan pasar Natal tertua di Jerman adalah yang diadakan di kota Dresden pada tahun 1434, tetapi gue menemukan juga di sebuah website lain yang menyebutkan bahwa pasar natal tertua diadakan di München pada tahun 1310. Pasar Natal di München ini dikenal dengan sebutan Nikolausadult atau Nikolaidult. Nikolaiadult ini berbeda dengan pasar natal yang sekarang karena pasar natal pada jaman dahulu ditujukan untuk para petani yang datang ke kota untuk berbelanja dan juga menjual barang-barang mereka. Reformasi gereja pada abad 16 membawa perubahan untuk pasar natal. Untuk memberi penghargaan kepada Nikolaus, maka sebutan Nikolaus diganti menjadi Christkindl (Christchild) dan Nikolaiadult atau pasar Nikolaus diganti menjadi Christkindlmarkt (Christkindl market). Tradisi ini dimulai di daerah-daerah Protestan di Negara bagian Bavaria dan Nürnberg (Nuremberg) adalah kota pertama yang menyebut pasar natal ini menjadi “Christkindlesmarkt”. München adalah kota Katolik yang pada tahun 1805 mengubah sebutan Nikolaiadult menjadi Christkindlmarkt.


Sementara itu di sebuah situs resmi München, disebutkan bahwa pasar Natal di Marienplatz adalah awal mula dari pasar-pasar natal lainnya di München yang sudah diadakan sejak abad ke 14 dan dikenal dengan sebutan pasar Nikolaus. Di München tidak hanya ada 1 pasar natal, akan tetapi ada beberapa pasar natal yang tersebar di beberapa tempat. Akan tetapi, pasar natal yang terbesar dan tertua di München adalah pasar natal yang ada di Marienplatz yang dimeriahkan dengan 170 stan/kios dan dihadiri sekitar 3 juta pengunjung dari seluruh dunia setiap tahunnya.


“ Barang-barang dari Oberramengrau, Lebkuchen dari Nürnberg (Nuremberg), baju anak-anak yang terbuat dari wol, patung-patung palungan dan penyapu cerobong asap yang terbuat dari buah prem dan almond” adalah barang-barang tradisional yang diperlihatkan di pasar-pasar ini. Pada tahun 1806 sebutan pasar Nikolaus (Nikolaus Market atau Nikolaiadult) berubah menjadi Christkindlmarkt. Setelah beberapa kali mengalami perubahan lokasi, akhirnya pada tahun 1972 pasar natal ini menemukan lokasi permanen yang berada di jantung kota.


Selain atraksi musik dan budaya, ada juga hal yang menarik perhatian pengunjung yaitu sebuah pohon natal dengan tinggi sekitar 30 meter yang terletak di depan balai kota dan dihiasi sekitar 2500 lampu. Lampu-lampu ini dikumpulkan para penduduk München dari berbagai tempat baik dari dalam maupun luar negeri (Austria dan Italia). Sebagai “imbalan” dari hadiah ini, pemerintah daerah memperbolehkan untuk menunjukkan hal-hal yang berhubungan dengan budaya di halaman dalam balai kota dan penjualan Glühwein. Pasar Natal ini buka setiap hari mulai hari Jumat sebelum minggu adven yang pertama sampai malam natal.

Beberapa meter dari zona pejalan kaki ada yang namanya Kripperlmarkt (pasar palungan) yang terletak di Rindermarkt (pasar ternak). Di Kripperlmarkt banyak dijual ukiran tangan, patung-patung yang ada di palungan Yesus seperti orang majus, Yusuf, Maria, bayi Yesus dll dalam berbagai macam bentuk, bahan dan ukuran, palungan natal yang udah jadi beserta semua ornamennya serta berbagai macam makanan dan minuman khas natal seperti Glühwein (anggur hangat), buah, Bratwürste (roti sosis) dan aneka jajanan lainnya. Oh iya…stan-stan penjualan ini berkumpul membentuk lingkaran mengelilingi Weichnachtspiramyde (piramida natal) yang tingginya sekitar 10-15 meter dan terletak di Erzgebirge-Stil (pegunungan Erz yang terbuat dari logam).



Setelah aku ma temen-temen mengunjungi beberapa pasar natal di München, kami mengunjungi sebuah toko mobil atau museum, aku ga begitu tau itu toko apa museum soalnya asal masuk aja..hehehe.Disana aku sempet ketemu Santo Nikolaus jadi-jadian dan sempet foto-foto ma beliau. Oh iya, sekedar info aja sih...waktu jalan-jalan di pasar natal aku melihat beberapa penjual dan pengunjung yang berpakaian ala abad 16 ato 14. Jadi ga heran juga ada Santo Nikolaus yang ikutan berkeliaran...hehehe




Pasar natal München di Marienplatz tahun ini akan diselenggarakan mulai tanggal
25 November 2011 sampai tanggal 24 Desember 2011. Buat temen-temen yang penasaran ma yang namanya pasar natal, buruan datang dan kunjungi keajaiban natal di München, Jerman (berasa karyawan travel yang lagi promosi hahaha)

muuuuaaaccchhhh


Klagenfurt, 24 November 2011, 10.39 pm

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Ga Koment Ga Dapet Jatah

Share

Widgets

Widgets